CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PAI SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SD...... Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Tema : Aku Anak Sholeh Subtema : Sikap santun dan menghargai sesama teman Kelas/Semester : IV / I A. Materi Pokok Perilaku Terpuji B. Alokasi Waktu 2 x 4 Jam Pelajaran C. Tujuan Pembelajaran Melalui metode Demontrasi dan tanya jawab pesertra didik dapat: 1. Menunjukkan contoh sikap santun dan menghargai sesama teman dengan baik 2. Membiasakan perilaku santun dan menghargai sesama teman dengan benar D. Kompetensi Dasar 4.7 Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar E. Indikator PencapaianKompetensi 4.7.1 Menunjukkan contoh sikap santun dan menghargai sesama teman 4.7.2 Membiasakan perilaku santun dan menghargai sesama teman F. Materi Pembelajaran Amati dan ceritakan gambar berikut! Berikut beberapa contoh sikap santun: 1. Mengucapkan salam, selalu memperhatikan, dan bermuka manis (berseri-seri) saat bertemu. Rasulullah saw. bersabda yang artinya: “Janganlah sekali-kali kamu meremehkan sesuatu kebaikan, walaupun hanya dengan muka manis, bila kamu bertemu dengan saudaramu.” (H.R. Muslim, dari Abu ÂȘar r.a.). 2. Berbicara dengan lembut dan tenang, suara tidak terlalu keras, dan tidak menyakitkan, sabar saat mendengarkan teman berbicara. Hindari kata-kata kasar, keras, dan kotor yang dapat menyakiti hati orang lain. 3. Peduli terhadap kondisi teman dan suka menolong kesulitannya. Apabila ada yang sakit atau tertimpa musibah, usahakanlah untuk menjenguknya. 4. Berteman tanpa pilih kasih. Bersahabat dan bermain dengan siapa saja: kaya, miskin, normal, cacat, cakap, buruk, bangsawan, rakyat jelata, dan sebagainya. 5. Tidak mencela dengan perkataan yang buruk. 6. Rendah hati dan bisa menerima dengan hati tulus atas kerja temanmu. G. Metode Pembelajaran 1. TanyaJawab 2. Mendemontrasikan H. Media Pembelajaran Gambar, power point, dan video I. Sumber Belajar 1. Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD 2. Buku yang terkait dengan perilaku terpuji J. Langkah-langkah Pembelajaran No. Kegiatan Waktu 1. Pendahuluan a. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat; b. Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya); c. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran; d. Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi perilaku terpuji 20 menit 2. Kegiatan Inti a. Mengamati • Guru mencoba secara acak menunjuk satu atau dua peserta didik untuk mendemontrasikan perilaku santun dan menghargai sesama teman, teman yang lain mengamati • Peserta didik secara individual maupun klasikal diminta untuk melihat dan mencermati gambar di media power point animasi b. Menanya • Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh kasus tentang perilaku santun dan mnghormati sesama teman • Guru dan siswa saling bertanya jawab tentang beberapa contoh perilaku, siswa diminta untuk menebak contoh perilaku yang dibertikan oleh guru, termasuk perilaku terpuji c. Mengeksperimen/Mengexploras • Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut dalam kelompok • Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar tentang perilaku santun dan menghargai sesama teman d. Asosiasi • Diskusi kelompok tentang perilaku santun dan menghargai sesama teman • Membuat contoh perilaku santun dan menghargai sesama teman dalam kehidupan sehari-hari e. Komunikasi. • Menyampaikan hasil diskusi • Membuat kesimpulan 75 menit 3. Penutup a. Melaksanakan penilaian b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut 10 menit K. Penilaian Hasil Belajar Tugas: • Mengisi rubrik tentang contoh-contoh perilaku santun dan mengahargai sesama teman No. Uraian Sudah Belum 1. Berpamitan kepada orang tua ketika keluar rumah 2. Mengucapkan salam ketika berjumpa guru 3. Meminta maaf ketika melakukan kesalahan 4. Selalu mengucapkan terima kasih ketika diberi sesuatu dari orang lain 5. Menghargai pendapat teman 6. Menghargai hasil karya teman dst. Observasi • Mengamati gambar contoh perilaku santun dan menghargai sesama teman Portofolio • Membuat paparan tentang contoh – contoh perilaku santun dan menghargai sesama teman Tes • Tes bentuk lisan Menyebutkan contoh – contoh perilaku santun dan sikap menghargai sesama teman • Tes Performance Mendemonstrasikan perilaku santun dan menghargai sesama teman Instrumen Pengamatan sikap sosial: No. Nama Aktifitas Jml skor Nilai (MK,MB,MT,BT) Ket. Kerja sama Keaktifan Inisiatif Penguasaan materi 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Catatan: 1. Apabila peserta didik belum memperlihat kanperilaku yang dinyatakan dalam indikator. 2. Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator. 3. Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator. 4. Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator. Rentang Skor = Skor Maksimal-Skor Minimal = 16 - 4 = 12 MK = 14 - 16 MB = 11- 13 MT = 8 - 10 BT = 4-7 Keterangan: BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator). MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten). MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten). MK : Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten). Rubrik Penilaian melafalkan huruf hijaiyah (termasuk huruf hijaiyah berharakat) No. Nama Kriteria* 1 2 3 4 5 1. 2. 3. dst. *Catatan kriteria: 1. Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar. 2. Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2. 3. Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 5. 4. Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan kurang lancar. 5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan huruf hijaiyah Instrumen Penmgamatan sikap spiritual : No Pernyataan Setuju Ragu - ragu Tidak setuju skor 1. Berbicara dengan santun akan mendapat pahala 2. Jika tidak bisa berbicara dengan santun lebih baik diam 3 Allah selalu mengawasi tingkah laku kita 4 Dst...... L. SumberBelajar 1. Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD 2. Buku Belajar Huruf Hijaiyyah 3. Poster tulisan 4. Kartu bertuliskan huruf hijaiyah 5. Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video Mengetahui, ..............,.................... KepalaSD..... Guru Mata Pelejaran PAI ........................................... ................................... NIP. ...................................... NIP................................ Guru Mata Pelajaran PAI

Komentar

Postingan Populer