RPP BERMAIN DI LINGKUNGANNKU KELAS 2 SEMESTER 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 6

(RPP) Satuan Pendidikan : SDIT AR-ROYYAN Kelas / Semester : 2 / 1 Tema / Topik : BERMAIN DI LINGKUNGANKU Subtema 1 : Bermain di Lingkungan Rumah Petemuan ke : 6 Pembelajaran : 6 Semester : 1 (satu) Alokasi Waktu : 1 Hari A. KOMPETENSI INTI  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan B. KOMPETENSI DASAR Bahasa Indonesia 3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. 4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian Matematika 3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, simbol atau penjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka. 4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban. SBdP 3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan. 4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel. Indikator PPKn 3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah. 4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah. C. INDIKATOR Fokus Pembelajaran Indikator Bahasa Indonesia Matematika SBdP PPKn 3.2.7 Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu. 4.2.4 Membuat jadwal harian berdasarkan kegiatan dan aktivitas bermain yang dilakukan. 4.2.5 Menyimpulkan isi cerita narasi yang telah ditulis 3.2.2 Menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku) 4.5.4 Mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan ( ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) 3.4.2 Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif. 4.13 Membuat karya kreatif sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menggunting (daun pisang, daun nangka, daun kelapa). 3.4.6 Menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman. 3.4.7 Menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman. 4.4.1 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah D. TUJUAN PEMBELAJARAN Fokus Pembelajaran Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, PPKn 1. Dengan membaca teks, siswa dapat membaca teks percakapan Tiur, Beni, dan Ibu di dapur dengan percaya diri. 2. Dengan teks percakapan, siswa dapat bermain peran sesuai teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu tentang bersatu dalam keragaman di lingkungan rumah dengan percaya diri. 3. Dengan teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu, siswa dapat melengkapi kalimat dengan cermat. 4. Dengan berdiskusi siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu dengan cermat dan percaya diri. 5. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat mengisi tabel tentang manfaat daun pisang, daun kelapa dan beberapa daun lainnya dengan cermat. 6. Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman dengan percaya diri. 7. Dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam kebera-gaman dengan percaya diri. 8. Dengan memperhatikan jadwal harian Beni, siswa dapat menyebutkan urutan aktifitas Beni dengan percaya diri. 9. Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat membuat jadwal harian sendiri berdasarkan kegiatan dan aktivitas bermain yang dilakukan dengan cermat. 10. Dengan mendengarkan cerita yang dibacakan, siswa dapat menyimpulkan isi cerita tentang jadwal kegiatan sendiri dengan percaya diri dan penuh rasa tanggung jawab. 11. Dengan mengerjakan latihan, siswa dapat mengerjakan soal tentang menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku) dengan percaya diri. 12. Dengan mengerjakan soal, siswa dapat mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan ( ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku) dengan percaya diri. 13. Dengan petunjuk sederhana, siswa dapat menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif dengan percaya diri. 14. Dengan memperhatikan contoh, siswa dapat membuat karya kreatif berupa anyaman dari daun kelapa sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan menggunting daun kelapa dengan cermat dengan percaya diri. MATERI Pokok  Membaca teks bacaan dan percakapan bersatu dalam keberagaman  Menentukan suku yang belum diketahui dalam kalimat pengurangan  Membuat karya kreatif menggunakan bahan alam dilingkungan  Manfaat hidup bersatu dalam keberagaman MATERI AJAR  Bahasa Indonesia Mengamati, membaca percakapan, melengkapi kalimat, berdiskusi dan berkreasi dalam Kegiatan  Matematika Berlatih menentukan suku yang belum diketahui  SBdP Membuat karya kreasi dari daun  PPKn Menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman METODE PEMBELAJARAN Diskusi, Diskripsi, Demontrasi dan ceramah KEGIATAN PEMBELAJARAN/LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan awal (Pendahuluan) • Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan menyapa siswa dengan menanyakan kabar mereka. • Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa • Guru mengkondisikan kelas pada situasi belajar • Guru memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan • Tanya jawab tentang bahan alam seperti daun yang bisa digunakan bahan makanan • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan Kegiatan Inti • Guru memberikan arahan kepada siswa untuk membaca teks dengan cermat. • Siswa mengamati gambar tentang kegiatan ibu di dapur pulang dari berbelanja (mengamati). • Siswa mengamati teks percakapan antara Tiur, Beni, dan Ibu (mengamati). • Siswa membaca teks percakapan. • Siswa menanya tentang gambar kegiatan ibu di dapur pulang dari berbelanja (menanya). • Siswa menanya tentang teks percakapan antara Tiur, Beni, dan Ibu (menanya). • Siswa bertanya tentang pembagian kelompok dalam membaca teks percakapan (menanya). • Siswa bermain peran sesuai teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu tentang bersatu dalam keragaman di lingkungan rumah (mengasosiasi). • Siswa melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan Tiur, Ibu, dan Beni (mengomunikasikan). • Guru memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab. • Siswa menjawab pertanyaan dari teks percakapan yang dibaca (mengasosiasi). • Siswa mendiskusikan jawaban yang didapat (mengomu-nikasikan). • Siswa mengisi tabel tentang manfaat daun pisang, daun kelapa dan beberapa daun lainnya berdasarkan teks percakapan mengenai berbelanja (mengomu nikasikan). • Siswa menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam kera-gaman dari pertanyaan yang diberikan guru (mengomu -nikasikan). • Siswa menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keragaman (mengomunikasikan). • Guru membimbing siswa agar mengerjakan soal dengan cermat. • Siswa mengerjakan soal tentang menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku) dengan bimbingan guru (mengumpulkan informasi). • Siswa mengemukakan langkah-langkah menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika pengurangan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku (mengumpulkan informasi). • Guru memberi arahan kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri. • Siswa membaca petunjuk sederhana tentang membuat anyaman dari daun kelapa (mengamati). • Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai karya kreatif (mengomunikasikan). • Siswa membuat anyaman dari daun kelapa (meng asosiasi). Kegiatan Penutup Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran Guru dan peserta didik mengulang informasi dari pembelajaran hari ini”. SUMBER PEMBELAJARAN Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 MEDIA PEMBELAJARAN 1. Gambar kegiatan membuat cincau di dapur. 2. Gambar acak tentang proses membuat cincau. 3. Gambar contoh sikap bersatu di rumah. 4. Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat cincau dan karya kerajinan PENILAIAN 1.Penilaian Sikap 2. Penilaian Pengetahuan a. Penilaian melengkapi kalimat berdasarkan teks percakapan Tiur, Beni dan Ibu Tes tertulis: skor Jumlah soal : 5 buah Kunci Jawaban: Tiur melakukan menghitung sisa uang belanja (skor 20) Beni melakukan menyimpan barang-barang belanja (sko r 20) Sekarang ibu merasa senang (skor 20) Jika dikerjakan bersama-sama, perasaan berat menjadi ringan (skor) Bila Tiur dan Beni tidak menunjukkan sikap bersatu, maka timbul perkelahian (skor 20). b. Penilaian menjawab pertanyaan dengan berdiskusi Tes tertulis: skor Jumlah soal : 4 buah Kunci Jawaban: 1) Karena Tiur dan Beni membantu ibu menghitung uang kembalian (skor 25). 2) Tiur dan Beni bersama-sama membantu ibu meghitung uang kembalian (skor 25). 3) Contoh daun mangga, daun nanga ( jawaban bervariasi disesuaikan dengan jawaban anak) (skor 25). 4) Maka kita tidak bisa menikmati bermacam-macam sayur (jawaban bervariasi disesuaikan berdasarkan jawaban anak) (skor 25). c. Mengisi tabel tentang manfaat macam-macam daun Tes tertulis: skor Jumlah soal: 4 Jawaban: disesuaikan berdasarkan pendapat siswa (satu soal skor 25) d. Menyusun ulang jadwal sehari Beni Tes tertulis: skor Jumlah soal : 6 buah Kunci Jawaban: 1) Pagi hari Beni bersiap ke sekolah (skor16,5). 2) Lalu Beni belajar dengan teman dan guru sampai siang (skor16,5). 3) Siang hari Beni pulang ke rumah (skor16,5). 4) Beni akan mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah (skor16,5). 5) Beni bermain bola di luar bersama teman-teman (skor16,5). 6) Malam hari Beni beristirahat (skor16,5). e. Menjawab pertanyaan soal matematika tentang menentukan suku yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan pengurangan ( ruas kanan dan kiri dari 2 suku) Tes tertulis: skor Jumlah soal: 5 buah Kunci jawaban: 1) 42 2) 23 3) 12 4) 5 Mengetahui, Kepala Sekolah Muhammad Farid, SPdi Guru Pendamping Kelas 4 Choirul Hisyam

Komentar

Postingan Populer