RPP BERMAIN DI LINGKUNGANKU KELAS 2 SD
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDIT AR-ROYYAN
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Topik : BERMAIN DI LINGKUNGANKU
Subtema 1 : Bermain di Lingkungan Rumah
Petemuan ke : 2
Pembelajaran : 2
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Bahasa Indonesia
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi menggunakan benda konkret, simbol atau penjumlahan pengurangan bilangan hingga satu angka.
4.5 Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurang, perkalian, pembagian, waktu, berat, panjang, berat benda dan uang, selanjutnya memeriksa kebenaran jawaban
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradis
C. INDIKATOR
Fokus Pembelajaran Indikator
PPKn
Bahasa Indonesia
Matematika
PJOK
3.3.1 Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimilki (pendiam, ramah, suka menolong, suka marah, sabar, dll)
4.3.1 Menceritakan pengalaman ketika membantu anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin, kegemaran, dan sifat (karakter)
3.2.1 Menceritakan berbagai aktivitas bermain di lingkungan rumah.
3.2.2 Menyebutkan urutan aktivitas bermain dengan topik tertentu.
4.2.1 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas
3.3.1 Menentukan suku yang belum diketahui dan kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan dan ruas kiri dari 2 suku).
4.5.1 Mengemukakan langkah-langkah menetukan suku yang belum diketahu dari kalimat matematika penjumlahan (ruas kanan dan kiri terdiri dari 2 suku).
3.1.1 Mengidentifikasi berbagai variasi pola gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana
4.1.1 Melakukan variasi gerak jalan ke berbagai arah.
4.1.2 Melakukan variasi lari ke berbagai arah.
4.1.3 Melakukan variasi lompat ke berbagai arah.
4.1.4 Melakukan variasi lempar ke berbagai arah.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
FOKUS PEMBELAJARAN TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK 1. Dengan mengamati gambar tentang kegiatan bermain di lingkungan rumah, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain dilingkungan rumah dengan cermat.
2. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
3. Dengan teks percakapan Tiur dan Beni, siswa dapat melengkapi cerita berdasarkan isi percakapan dengan cermat.
4. Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran dengan percaya diri.
5. Dengan cerita yang telah dilengkapi, siswa dapat mencatat hal-hal pokok aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat.
6. Dengan melengkapi cerita tentang dirinya sendiri, siswa dapat menceritakan keberagaman anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin,kegemaran dan sifat (karakter) berdasarkan
teks percakapan dengan percaya diri.
7. Dengan penugasan guru, siswa dapat mengelompokkan benda-benda yang digunakan
pada aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan cermat dan bertanggungjawab.
8. Dengan contoh cerita narasi bermain rumah kartu, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang aktivitas bermain di lingkungan rumah dengan menggunakan tulisan
tegak bersambung dan EYD yang tepat.
9. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menentukan suku kata yang belum diketahui dari kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan (ruas kanan 1 suku, ruas kiri 1 suku) dengan percaya diri.
10. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memberi alasan yang berkaitan dengan nilai kebenaran suatu kesamaan dengan percaya diri.
11. Dengan penugasan guru, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan yang digunakan dalam membuat karya senirupa gambar ekspresif dengan cermat.
12. Dengan penugasan guru, siswa dapat menggambar ekspresif aktivitas bermain di rumah dengan memanfaatkan beragam media di lingkungan sekitar dengan mengolah garis, warna, bentuk, dan tekstur dengan cermat dan bertang-gung jawab.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan awal (Pendahuluan)
• Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan menyapa siswa dengan menanyakan kabar mereka.
• Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa
• Guru mengkondisikan kelas pada situasi belajar
• Guru memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan
• Tanya jawab tentang bermain di lingkungan
• Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
Kegiatan inti • Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas Beni bermain di rumah (mengamati).
• Siswa mengamati gambar Beni dan Tiur menyusun
• rumah kartu di atas meja di ruang TV (mengamati).
• Siswa membuat pertanyaan berdasarkan gambar
• Beni dan Tiur menyusun rumah kartu di atas meja di
• ruang TV (menanya).
• Siswa menukarkan dan mendiskusikan jawaban
• pertanyaan yang dibuatnya dengan teman sebangku
• (mengumpulkan informasi).
• Siswa mengidentifikasi berbagai aktivitas bermain
• di lingkungan rumah berdasarkan gambar yang
• diamati (mengumpulkan informasi).
Kegiatan Akhir • Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran
• Guru dan peserta didik mengulang informasi dari pembelajaran hari ini”.
METODE PEMBELAJARAN
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
SUMBER PEMBELAJARAN
BukuTematikTerpadukelas 2Kurikulum 2013
MEDIA PEMBELAJARAN
1. Gambar Beni berdiri di depan pintu sambil memegang bola.
2. Teks percakapan tentang “Beni akan Bermain Bola”.
3. Gambar acak tentang “Beni dan Tiur Berbelanja”.
4. Gambar Tiur bermain dengan gerakan loncat sambil mengayunkan tali.
5. Gambar Beni bermain dengan gerakan loncat sambil mengayunkan tali.
6. Gambar tentang gerakan lokomotor yang dilakukan Beni dan Tiur.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian : Penskoran
a. Melengkapi kalimat berdasarkan teks keberagaman di rumahBanyak soal : 3 buah Skor maksimal : 100
Kunci jawaban :
1) Bosan (skor 30) Khawatir dengan keadaan Beni Perhatian kepada Beni
2) Bermain di luar rumah (skor 30) Beni istirahat di rumah Beni bermain di dalam rumah
3) Jawaban berdasarkan pendapat siswa (skor 40)
b. Menyebutkan urutan aktivitas bermain belanja-belanjaan
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal : 100 b – d – f – e – c – a (skor 100) 500 – 175 = 325 dan 500 – 325 = 175 kembalian
c. Menentukan suku yang belum diketahui dalam kalimat matematika penjumlahan.Banyak soal : 4 buahSkor maksimal : 100
1) 12 (skor 25)
2) 19 (skor 25)
3) 12 (skor 25)
4) 23 (skor 25
Mengetahui
Kepala Sekolah SDIT AR-ROYYAN
Guru Pendamping kelas 4
USTADZ FARID CHOIRUL HISYAM
Komentar
Posting Komentar