RPP BERMAIN DI LINGKUNGANKU KELAS 2 SEMESTER 1 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4

(RPP) Satuan Pendidikan : SDIT AR-ROYYAN Kelas / Semester : 2 / 1 Tema / Topik : BERMAIN DI LINGKUNGANKU Subtema 1 : Bermain di Lingkungan Rumah Petemuan ke : 4 Pembelajaran : 4 Semester : 1 (satu) Alokasi Waktu : 1 Hari A. KOMPETENSI INTI  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan B. KOMPETENSI DASAR Bahasa Indonesia 3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. 4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian SBdP 3.4 Mengetahui cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan olahan makanan. 4.13 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting dan menempel. PPKn 3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah. 4.4 Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah. C. INDIKATOR Fokus Pembelajaran Indikator Bahasa Indonesia SBdP PPKn 3.2.3 Menyebutkan urutan kegiatan dengan topik tertentu. 4.2.3 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas. 3.4.1 Mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dan olahan makanan (daun cincau) 3.4.4 Menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan. 4.1.3 Membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan daun di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat 3.4.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah. 3.4.2 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah. 3.4.7 Menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalamkeberagaman 4.4.3 Menerapkan sikap hidup bersatu dalam setiap kegiatan D. TUJUAN PEMBELAJARAN FOKUS PEMBELAJARAN TUJUAN PEMBELAJARAN Bahasa Indonesia, SBdB, PPKn 1. Dengan teks bacaan tentang membuat cincau, siswa dapat membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan menggunakan lafal dan intonasi secara cermat. 2. Dengan membaca teks cerita narasi membuat cincau, siswa dapat menyebutkan urutan kegiatan membuat cincau dengan percaya diri. 3. Dengan mengamati gambar acak, siswa dapat mengurutkan gambar tentang proses mem-buat cincau dengan cermat dan bertanggung jawab. 4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menceritakan kembali proses membuat cincau dengan kata-kata sendiri dengan percaya diri. 5. Dengan memperhatikan gambar proses membuat cincau, siswa dapat menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan dengan cermat dan percaya diri. 6. Dengan mengamati gambar contoh sikap bersatu di rumah, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah dengan cermat dan percaya diri. 7. Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan contoh gambar sikap bersatu di rumah dengan cermat dan bertanggung jawab. 8. Dengan diskusi bersama teman sebangku, siswa dapat menjelaskan akibat yang akan terjadi jika kita tidak bersatu dalam keberagaman dengan percaya diri dan bertanggung jawab. 9. Dengan mengamati proses pembuatan cincau, siswa dapat membuat cincau secara berkelompok dengan bertanggung jawab. 10. Dengan melihat contoh, siswa dapat membuat karya kerajinan sebagai penghias benda dengan menggunakan daun di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat dengan cermat. 11. Setelah melakukan kegiatan membuat cincau dan membuat karya kerajinan sebagai penghias benda, siswa dapat menerapkan sikap hidup bersatu dalam setiap kegiatan dengan bertanggung jawab. 12. Setelah tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk karya kreatif dan olahan makanan (daun cincau) dengan cermat. 13. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan cermat. MATERI POKOK  Membaca teks narasi cerita membuat cincau  Kegiatan membuat cincau  Mengidentifikasi kegiatan yang menunjukkan sikap besatu dalam keberagaman dirumah MATERI AJAR  Bahasa Indonesia Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas.  SBdB cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan.  PPKn menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah METODE PEMBELAJARAN Diskusi, Diskripsi, Demontrasi dan ceramah KEGIATAN PEMBELAJARAN/LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Kegiatan awal (Pendahuluan) • Guru membuka pelajaran dengan memberi salam dan menyapa siswa dengan menanyakan kabar mereka. • Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa • Guru mengkondisikan kelas pada situasi belajar • Guru memotivasi dan mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan • Tanya jawab tentang bahan alam seperti daun yang bisa digunakan bahan makanan • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan Kegiatan Inti Mengamati • Guru memberikan arahan kepada siswa untuk mengamati gambar dan membaca cerita membuat cincau dengan cermat. • Siswa mengamati gambar tentang kegiatan membuat cincau di dapur (mengamati). • Siswa menanya tentang gambar kegiatan membuat cincau di dapur (menanya). • Siswa mendeskripsikan gambar kegiatan membuat cincau di dapur (mengumpulkan informasi). Membaca • Siswa membacakan cerita narasi yang berjudul “Membuat Cincau” yang telah ditulis dengan menggunakan lafal dan intonasi yang jelas (mengomunikasikan). • Siswa menyebutkan urutan kegiatan membuat cincau (mengasosiasi). • Siswa mengamati gambar acak tentang proses membuat cincau (mengamati). • Siswa ditugaskan mengurutkan gambar acak berkaitan dengan proses membuat cincau (mengasosiasi). Bercerita • Guru memberikan arahan kepada siswa untuk men-ceritakan cara membuat cincau dengan percaya diri ke depan kelas. • Siswa menceritakan kembali proses membuat cincau dengan kata-kata sendiri berdasarkan gambar yang telah diurutkan di depan kelas (mengomunikasikan). • Siswa menjelaskan cara mengolah bahan alam yang dapat digunakan sebagai olahan makanan (mengasosiasi). Berdiskusi • Guru memberikan arahan kepada siswa agar melakukan kegiatan dengan bertanggung jawab. • Siswa mengamati gambar tentang contoh sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengamati). • Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjuk-kan sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengum-pulkan informasi). • Siswa berdiskusi bersama teman sebangku menjawab pertanyaan yang terkait dengan gambar contoh sikap bersatu dalam keberagaman di rumah (mengum pulkan informasi). • Siswa bertanya tentang kebenaran dari jawaban yang diberikan (menanya). • Siswa menjelaskan akibat tidak bersatu dalam kebera-gaman (mengasosiasi). Berkreasi • Guru memberikan arahan kepada siswa agar bekerjasama dan bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan. • Siswa bertanya jawab tentang tugas yang diberikan guru tentang kegiatan membuat cincau (menanya) • Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat cincau (mengamati). • Siswa membuat cincau secara berkelompok (mengum pulkan informasi). • Guru memberikan arahan dan petunjuk kepada siswa untuk melakukan kegiatan dengan percaya diri. • Siswa mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat wadah piring dan daun pisang (mencoba). • Siswa membuat wadah piring dari daun pisang menjadi karya kerajinan sebagai penghias benda secara berkelom pok dengan bimbingan guru (mengumpulkan informasi). • Siswa menerapkan sikap hidup bersatu dalam kegiatan kelompok yang dilakukan sesuai dengan gambar (mengomunikasikan). • Siswa melaporkan hasil kerja kelompok ke depan kelas (mengomunikasikan). • Siswa bertanya tentang kebenaran jawaban yang disam paikan (menanya). • Setelah membuat cincau dan karya kerajinan, siswa mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar untuk membuat karya kerajinan dan olahan makanan (mengasosiasikan) • Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjuk kan sikap bersatu dalam keberagaman melalui kegiatan membuat cincau dan karya kerajinan(mengumpulkan informasi). • Siswa mengidentifikasi bahan alam di lingkungan sekitar yang dapat digunakan untuk membuat karya kreatif dan olahan makanan seperti yang ada pada gambar (mengasosiasi). Membuat Cincau Bahan dan alat untuk membuat cincau: 1. 50 lembar daun cincau hijau 2. 500 ml air matang 3. Wadah untuk menaruh daun cincau sebelum disaring 4. Wadah untuk menampung air remasan daun cincau setelah disaring 5. Saringan/ kain halus untuk menyaring 6. Gelas dan sendok untuk menikmati cincau yang sudah beku dan dipotong-potong 7. Air gula merah 8. Santan 9. Es batu Kegiatan Penutup Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan hasil pembelajaran Guru dan peserta didik mengulang informasi dari pembelajaran hari ini”. SUMBER PEMBELAJARAN Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 MEDIA PEMBELAJARAN 1. Gambar kegiatan membuat cincau di dapur. 2. Gambar acak tentang proses membuat cincau. 3. Gambar contoh sikap bersatu di rumah. 4. Bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat cincau dan karya kerajinan PENILAIAN Penilaian Sikap 2. Penilaian Pengetahuan a. Penilaian mengurutkan gambar Tes tertulis: skor Banyak gambar: 6 buah Kunci jawaban: urutan gambar yang benar • gambar daun no 1 • gambar mencampurkan daun dengan air no 2 • gambar meremas daun no 3 • gambar menyaring air cincau no 4 • gambar air daun cincau di dalam mangkuk no 5 • gambar cincau petak-petak no 6 b. Penilaian tentang menjawab pertanyaan berdasarkan tiga gambar contoh sikap. bersatu di rumah Tes tertulis: Skor Banyak soal: 3 buah Jawaban: 1) Beni melakukan membantu Ibu membuat cincau, membantu membersihkan dapur setelah selesai membuat cincau, dan menikmati cincau segar di meja makan. 2) Tiur melakukan membantu Ibu membuat cincau, membantu membersihkan dapur setelah selesai membuat cincau, dan menikmati cincau segar di meja makan. 3) Ibu melakukan membuat cincau dan menikmati cincau segar di meja makan. 4) Kalian sedang bersama-sama mengerjakan disesuaikan dengan jawaban siswa. 5) Kamu melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa. 6) Kakakmu malakukan disesuaikan dengan jawaban siswa. 7) Adikmu melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa. 8) Ibu melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa. 9) Bapak melakukan disesuaikan dengan jawaban siswa. 10) Pekerjaan yang dilakukan akan terasa ringan. 11) Jika tidak mau bekerja sama, maka pekerjaan akan terasa berat. 12) Jika Beni, Tiur, dan Ibu tidak bekerja sama, pekerjaan mereka akan terasa berat dan lama selesainya. Mengetahui, Kepala Sekolah Muhammad Farid, SPdi Guru Pendamping Kelas 2 Choirul Hisyam

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer